Dampak Perceraian Bagi Anak Anda, Ayah Harus Mengetahuinya

dampak perceraian bagi anak

Wahai Ayah, bagaimana pun ada dampak perceraian bagi anak anda. Ayah tentu tidak mau berpisah dari belahan hatinya. Meski pernah bilang ke pasangan, “Aku cinta kamu sehidup-semati.” Kenyataannya hidup sudah berpisah. Cinta sampai mati pun hanya sebuah rencana seujung kuku. Perjalanan cinta suami dan istri tiada yang bisa memastikannya.

Ketahuilah Ayah, anak menjadi orang yang tersakiti karena perpisahan ayah dan ibunya. Jadikan anak menjadi prioritas yang dipikirkan dari dampak perceraian. Ada beberapa hal yang mungkin ayah lakukan kepada anak setelah terjadi perceraian.

Tentang Hal yang tak dibicarakan:  Rahasia Ayah yang Tidak Diketahui Istrinya

Mantan istri pernah menjadi perempuan terbaik dalam hidup anda

Jangan membicarakan keburukan tentang mantan istri kepada anak anda. Bagaimana pun dia tetap ibu dari anak-anak anda. Tiada mantan ayah dan mantan ibu. Anak tetap memiliki cinta satu arah, yaitu cinta kedua orang tuanya. Anak tentu akan sulit jika disuruh memilih antara ayah dan ibunya.

Jaga hubungan baik dengan mantan istri demi anak-anak anda. Ketahuilah Ayah, sekali kejelekan sikap ibu dibicarakan, maka perceraian bagi anak akan menimbulkan luka. Bagaimana pun sisi cinta anak kepada ibu tidak akan bisa dilupakan sepanjang hayatnya.

Dampak Perceraian Bagi Anak: Tetaplah menjadi orang yang diandalkan bagi anak-anak

Selama hidup bersama dalam kebahagian pernikahan, Ayah dan Ibu menjadi orang yang sangat diandalkan. Wahai Ayah tetaplah menjadi laki-laki yang tetap berada dalam kehidupan anak-anak. Meski, hak asuh jatuh pada mantan istri anda. Ayah dapat membuat anak terus bahagia dan terus tertawa bersama anak-anak. Berpisah dengan salah satu orang tua itu merupakan dampak perceraian bagi anak.

Perceraian Bagi Anak Akan Menimbulkan Luka, Jangan Perburuk Hubungan

Jujurlah kepada anak-anak bahwa telah terjadi perpisahan dari kedua orang tua. Mantan istri tetap meninggalkan rasa cinta kepada anak-anak. Ayah sebaiknya mengetahui kalau perceraian tidak merusak hubungan antara ibu dan anak. Katakanlah kalau ibu dan ayah tetap orang terbaik bagi anak-anak anda.

Tetaplah Bersikap Dewasa

Pernikahan dilaksanakan dengan kesadaran penuh antara pihak perempuan dan laki-laki. Jangan sampai emosi memperburuk hubungan kedua belah pihak. Ketahuilah Ayah, perceraian dengan istri anda bukan berarti menjauhkannya dari anak-anak.

Tetaplah bersikap dewasa. Anak akan mengetahui kenapa kedua orang tuanya berpisah. Mereka akan bertanya kenapa salah satu dari anda tidak pernah berada di rumah lagi

Amarah hanya akan memperburuk situasi setelah perceraian telah terjadi. Biarkanlah kedua anak tetap memiliki waktu bersama kedua orang tua. Anak tidak akan memutuskan cintanya dari ayah dan ibu.

Tidak perlu terlalu mengikuti saran dari buku parenting tentang kehidupan pasca perceraian

Setelah perceraian, kehidupan tentu akan berubah. Bahkan, sikap anak bisa saja berubah 180 derajat kepada kedua orang tuanya. Ayah mungkin kebingungan menghadapi kehidupan pasca perceraian. Lalu sibuk mencari saran dari buku tentang kehidupan pasca perceraian.

Boleh saja sih Ayah mencari ilmu kehidupan pasca perceraian, tetapi tidak perlu terlalu mengikuti saran buku. Karena anda sendiri yang mengetahui bagaimana menghadapi masalah setelah perceraian. Tidak ada salahnya menghibur anak-anak dan mengajaknya berlibur ke tempat yang menarik.

Rahasia Ibu : Hanya Ibu yang Tahu Rasanya, Kok Ayah Enggak Tahu ya

Tetap bersikap empati kepada anak-anak

Anak-anak pasti mengalami kesedihan setelah terjadi perceraian. Maka, jangan kurangi empati kepada mereka. Ajaklah anak berbicara tentang perasaan mereka. Ayah harus tetap menjadi teman yang baik bagi anak-anak dan mengertilah perasaan mereka.

Wahai Ayah, anak bukanlah senjata untuk membunuh kehidupan bahagia setelah percerain. Jangan jadikan mereka mata-mata dan perantara untuk memperkeruh hubungan dengan mantan istri. Lakukanlah sebaliknya, sadarilah kehidupan terus berjalan. Tidak ada ibu dan ayah yang buruk dan hindari pernyataan seperti itu.

Tetap cintai anak-anak anda. Karena cinta anak-anak akan lebih besar dari rasa bencimu kepada mantan istri. Tetap jaga hubungan baik setelah perceraian. Anak adalah malaikat tak bersayap yang akan mencintai seumur hidup anda, meski Ayah dan Ibu mereka telah berpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *