Tips Ayah

Mengenalkan Pelakor Kepada Anak Kita

mengenalkan pelakor kepada anak

Sadarilah Ayah mengenalkan pelakor kepada anak itu sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dari dalam rumah Anda. Saya menjadi berpikir kalau akses menonton acara sinetron, akses youtube yang ada acara tipinya, sama ngobrolin gosip harus dibatasi. Kalo bisa jangan ditonton. Karena sangat berpengaruh pada anak-anak. Contohnya anak saya. Arden : Ayah, pelakor teh apa? Ayah : …

Mengajari Anak Bedanya Agama Islam dan Kristen

mengajari anak perbedaan agama

Belakangan soal tentang perbedaan antara agama atau banyak orang sebut intoleransi menggema dan menjadi masalah. Maka menjadi penting mengajari anak bedanya agama satu dengan lainnya. Agar anak-anak mengerti kalau di dunia ini tidak hanya ada satu agama. Seperti obrolan berikut tentang, “Kristen dan Islam Sama Enggak Sih? #ArdenBertanya #AyahNyariJawaban Arden : Yah, emang kristen itu apa sih? …

Tips (Not) Good Parenting: Ketika Anak Dipukul Teman, Kenapa Enggak Memukul Balik?

ketika anak dipukul teman

Salah satu ilmu kehidupan bagi anak ketika dia mulai dipukul teman. Paling enggak dia tahu, kalau tidak semua teman berprilaku baik. Mau itu teman di sekolah maupun teman di rumah. Sebagai Ayah tentu saja jengkel ketika mendengar anak dipukul anak lainnya. Lalu, orang bilang ya namanya juga anak-anak… Tetapi anak saya enggak pernah kok mukul …

Mengajak Anak Donasi Buku, Bisa Enggak ya?

mengajak anak donasi buku

Bagaimana caranya mengajak anak donasi buku? Kan sayang udah mahal-mahal di beli, malah disumbangkan untuk orang lain. Sesekali diantara hari libur, Arden senang sekali membeli buku. Kami kumpulkan satu per satu. Dia memiliki “pustaka warna” sendiri di rumah. Buku-buku yang akan dibaca bersama teman-temannya. Selain mainan yang buanyak di rumah, buku ternyata menjadi penarik anak mau …

Sinis Melihat Identitas yang berbeda, Apa Karena Dia Batak?

sinis melihat identitas berbeda

Sinis melihat identitas berbeda sering muncul dalam kehidupan keseharian bahkan anak sekecil Arden harus menghadapinya. Cerita ini tentu saja bikin tepuk jidat, karena anak saya sendiri yang mengalaminya. Pada sebuah antrian membeli kue ulang tahun keenam itu, si eteh penjual bertanya. Teteh : Namanya yang mau ditulis siapa? Arden : Arden Harahap (suara lantang rada cadel huruf R). Teteh : …

Cepat Sembuh Jagoanku, Ketika Ayah Khawatir Anaknya Sakit

Ayah khawatir Anaknya Sakit

Selepas jalan-jalan ke Pondok Halimun Sukabumi, anak saya mendadak lemas dan sebagai Ayah khawatir anaknya sakit. Hingga seminggu kemudian, dokter memintanya untuk istirahat, tidak boleh main dan sekolah. Padahal, kegiatan sekolah sedang seru-serunya, ada kegiatan outbond lintas alam dan berkunjung ke pabrik keju. Berkunjung ke pabrik keju sudah ditunggu-tunggu dan menjadi berlalu begitu saja. Ya …